Sabtu, 08 September 2012

Sejarah singkat pertanian dunia
 
Sejarah pertanian adalah bagian dari sejarah kebudayaan manusia. Pertanian muncul ketika suatu masyarakat mampu untuk menjaga ketersediaan pangan bagi dirinya sendiri. Pertanian memaksa suatu kelompok orang untuk menetap dan dengan demikian mendorong kemunculan peradaban. Terjadi perubahan dalam sistem kepercayaan, pengembangan alat-alat pendukung kehidupan, dan juga kesenian akibat diadopsinya teknologi pertanian. Kebudayaan masyarakat yang tergantung pada aspek pertanian diistilahkan sebagai  Sebagai bagian dari  kebudayaan manusia, pertanian telah membawa revolusi yang besar dalam kehidupan manusia sebelum   revolusi industri. Bahkan dapat dikatakan, revolusi pertanian adalah revolusi kebudayaan pertama yang dialami manusia.

Kegiatan pertanian (budidaya tanaman dan ternak) merupakan salah satu kegiatan yang paling awal dikenal peradaban manusia. Menurut para ahli prasejarah, pertanian pertama kali berkembang sekitar 12.000 tahun yang lalu di daerah Timur tengah. Bukti-bukti yang pertama kali dijumpai menunjukkan adanya budidaya tanaman biji-bijian dan  polong-polongan di daerah tersebut. Pertanian telah dikenal oleh masyarakat yang telah mencapai kebudayaan batu muda (neolitikum),   perunggu dan   megalitikum. Pertanian mengubah bentuk-bentuk kepercayaan, dari pemujaan terhadap dewa-dewa perburuan menjadi pemujaan terhadap dewa-dewa perlambang kesuburan dan ketersediaan   pangan.
Teknik budidaya tanaman lalu meluas ke barat  Eropa dan  (Afrika Utara) dan ke timur  Asia  dan  " Asia Tenggara). Bukti-bukti di  Tiongkok menunjukkan adanya budidaya   jewawut (millet) dan   padi sejak 6000 tahun sebelum Masehi. Masyarakat Asia Tenggara telah mengenal budidaya padi   sawah paling tidak pada saat 3000 tahun SM dan   Jepang serta   Korea sejak 1000 tahun SM. Sementara itu, masyarakat benua Amerika mengembangkan tanaman dan hewan budidaya yang sejak awal sama sekali berbeda.
Hewan ternak yang pertama kali didomestikasi adalahdomba (7000 tahun SM) serta  babi (6000 tahun SM), bersama-sama dengan domestikasi   kucing.  Sapi,   yak mulai dikembangkan antara 6000 hingga 3000 tahun SM. Unggas mulai dibudidayakan lebih kemudian.  Ulat sutera diketahui telah diternakkan 2000 tahun SM. Budidaya ikan air tawar baru dikenal semenjak 2000 tahun yang lalu di daerah Tiongkok dan Jepang. Budidaya ikan laut bahkan baru dikenal manusia pada abad ke-20 ini.
Budidaya sayur-sayuran dan buah-buahan juga dikenal manusia telah lama. Masyarakat Mesir Kuna (4000 tahun SM) dan Yunani Kuna (3000 tahun SM) telah mengenal baik budidaya  HYPERLINK anggur dan  zaitun.

Perkembangan Pertanian dari Zaman ke Zaman

Zaman Mesopotamia yang merupakan awal perkembangan kebudayaan, merupakan Zaman yang turut menentukan sistem pertanian kuno. Perekonomian kota yang pertama berkembang di sana dilandaskan pada teknologi pertanian yang berkiblat pada kuil-kuil, imam, lumbung, dan jutu tulis-juru tulis. Tulang punggung pertanian terdiri dari tanaman-tanaman yang sekarang masih penting untuk persediaan pangan dunia: gandum dan barlai, kurma dan ara, zaitum dan anggur. 
Kebudayaan kuni dari Mesopotamia - Sumeria, Babilonia, Asiria, Cahldea - mengembangkan 
pertanian yang bertambah kompleks dan terintegrasi. Reruntuhan menunjukkan sisa 
teras-teras, taman-taman dan kebun-kebun yang beririgasi. Emapt ribu tahun yang lalu 
saluran irigasi dari bata dengan sambungan beraspal membantu areal seluas 10.000 mil 
persegi tetap ditanami untuk memberi pangan 15 juta jiwa. Pada tahun 700 SM sudah dikenal 
900 tanaman. 
Pengetahuan tentang pertanian kuno di mana pun tidak lebih banyak dari pada di Mesir, 
di mana pasri yang bertiup dari gurun memelihara data dan catatan dari zaman yang 
menakjubkan. Sepanjang Sungai Nil diciptakan kebun-kebun formal luas, penuh dengan tanaman-tanaman 
hias eksotik dan kolam kolam berisi ikan dan teratai. Di kebun buah (orchard), kurma, 
anggur, ara, lemon dan delima diusahakan. Kebun sayur berisi ketimun, articoke, bawang 
putih, perai, bawang bombay, slada, menta, endewi, cikori, logak, dan berbagai labu. 
Kebudayaan Mesir bertahan selama 35 abad, dan kemudian pelaut-pelaut phoenicia 
meneruskan warisan teknologi Mesopotamia dan Mesir ke kepulauan Yunani yang sedang muncul.

Kebudayaan Masyarakat Prasejarah Indonesia

Masyarakat pertanian awal
Pertanian adalah perkembangan alami yang berasal dari kebutuhan. Sebelum pertanian,   berburu dapat memenuhi kebutuhan makanan. Masyarakat  Asia Tenggara telah melakukan berbagai kegiatan domestikasi baik berupa hewan maupun tanaman seperti memelihara  anjing,   babi beribu-ribu tahun yang lalu. Makanan terkait dengan status sosial. Orang yang memiliki makanan berlebih dianggap sebagai orang kaya. Orang-orang kaya seperti ini biasanya bekerja bertahun-tahun mengumpulkan makanan atau kekayaan yang dibutuhkan untuk mengadakan pesta. Kebaikan orang-orang kaya itu akan diingat oleh masyarakat, menjadi semacam tabungan budi untuk masa yang akan datang. Kebiasaan ini tersebar di seluruh wilayah Asia Tenggara, bahkan sampai ke   Papua. Masyarakat dengan ciri seperti ini dikenal sebagai masyarakat agraris.
Pada saat tekanan jumlah penduduk mencapai titik yang membutuhkan intensifikasi pertanian, berkembang teknik bercocok tanam, seperti menanam  ubi jalar di Papua atau menanam   padi di wilayah Indonesia lainnya. Menurut para ahli prasejarah, teknik bercocok tanam padi  sawah dikenal masyarakat Asia Tenggara dari   Tiongkok, khususnya lembah  Sungai Yangtse dan   Yunnan.

Kegiatan menanam ubi di Papua, contohnya, dimulai dengan menempatkan umbi di lahan yang telah dipersiapkan, menyiangi gulmanya, menunggunya hingga berkembang, dan kemudian memanen hasilnya. Urut-urutan kegiatan ini masih dilakukan oleh kaum wanita di berbagai masyarakat tradisional di Asia Tenggara; sedangkan kaum pria mengerjakan tugas-tugas yang lebih berat seperti mempersiapkan lahan atau memagarinya untuk menghidari kerusakan karena hama babi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar